Membeli mobil bekas matic tak semudah membeli mobil baru, anda harus punya beberapa tips membeli mobil bekas matic agar tidak salah beli. Sedikit berbeda dengan memeriksa mobil bekas yang manual, jika anda ingin membeli mobil matic bekas, berikut beberapa bagian wajib yang harus anda periksa.  Tips pertama adalah dengan mendengarkan suara mesin saat dinyalakan, jika kondisinya masih bagus tidak akan ada suara aneh yang terdengar saat tuas transmisinya dipindahkan ke posisi lain. Untuk itu jangan sampai anda melewatkan kesempatan untuk test drive, bila saat dikendarai melewati jalan kasar atau saat berbelok tidak terdengar suara aneh maka mesin mobilnya baik-baik saja.

Hal penting kedua dari tips membeli mobil bekas matic adalah mengecek oli matic mobil yang ingin anda beli. cara untuk mengetahui bahwa oli maticnya bagus atau tidak adalah dengan melihat warna oli maticnya. Oli matic yang bagus warnanya merah segar saat anda menyalakan mobil dalam kondisi panas dan posisi tuas transmisinya netral. Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah pilih mobil matic dengan teknologi yang baru. Jika anda membeli mobil matic dengan teknologi yang baru, nantinya bila terjadi kerusakan akan lebih mudah dalam mencari sparepart nya. Karena sparepart mobil matic dengan teknologi lama cenderung sulit ditemukan di pasaran. Satu lagi hal penting yang harus anda perhatikan saat memilih mobil bekas matic yaitu memeriksa lampu indikatornya. Cara memeriksa bisa dilakukan dengan menggeser transmisi saat mesin menyala ke berbagai posisi mulai dari P sampai L. Bila nyala lampu indikatornya sesuai dengan posisi transmisi berarti lampunya masih berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan lampu overdrive nya jangan lupa untuk diperiksa juga.

            Jangan hanya mementingkan bagian luarnya saja saat membeli mobil bekas. Cobalah tips membeli mobil bekas matic saat anda memilih mobilnya, agar nantinya tidak ada penyesalan setelah membeli mobil bekas tersebut. Kelengkapan dokumen mobil seperti BPKB dan STNK juga sebaiknya jangan lupa untuk diperiksa.