Dengan adanya AC Mobil, banyak masyarakat yang merasakan kenyamanan saat mengendarai mobil. Namun bagaimana bila mobil yang anda kendarai mengalami kerusakan pada AC, otomatis anda akan merasakan panas dan ketidak nyamanan mengendarai mobil tersebut.

Salah satu masalah yang mungkin anda alami adalah anda mendengar AC mobil berdesis seperti mengeluarkan angin, namun anda tidak merasakan dingin sama sekali. Sebelum anda mencoba mencari tahu permasalahn pada mobil anda, ada baiknya bila anda mengetahui terlebih dahulu komponen-komponen yang ada pada AC anda.

Dalam AC terdapat beberapa komponen yang kemungkinan menyebabkan hal tersebut terjadi. Salah satunya adanya ketidak berfungsiannya magnet yang bekerja memutar as kompresor agar mengikuti arah putaran pulley kompresor.

Apabila magnet ini berhenti bekerja, maka AC akan berhenti bekerja alias panas dan tidak mengeluarkan dingin lagi. Magnet ini bekerja menyalurkan tekanan dari center piece agar gas Freon dapat terdorong ke sistem AC, ini akan bekerja bila mesin diaktifkan sebab magnet ini bekerja memanfaatkan energy listrik dari aki mobil.


Masalah yang mungkin terjadi lainnya adalah putusnya sekring, ini sudah pasti bila arus listrik menuju kompresor terputus maka AC pun tidak bisa melakukan tugas sebagaimana mestinya. Ada baiknya sebelum anda membawa mobil anda ke tempat servis, anda dapat mengeceknya terlebih dahulu bagian kelistrikannya.

Hal lainnya yang dapat membuat AC berdesis adalah seal yang berbentuk seperti karet robek, seal ini berfungsi untuk merekatkan sambungan antar bagian dari AC agar tidak terjadi kebocoran. Apabila seal AC anda robek, lebih baik anda segera menggantinya, jangan menggantinya dengan seal bekas. Walau terlihat masih bagu, belum tentu seal yang anda pakai tersebut akan bertahan lama.

Anda juga perlu untuk mengecek oli kompresor anda, bila oli kompresor AC anda berkurang atau bahkan habis kinerja AC pun akan terhambat. Itulah yang menyebabkan AC anda tetap berdesis namun tidak mengeluarkan hawa dingin sama sekali, yang paling parah bila oli anda sampai kehabisan oli adalah kemacetan kompresor atau bahkan sampai jebol.