Keseimbangan dalam fisik seorang anak, merupakan hal yang terpenting. Sebab hal tersebut akan mempengaruhi tumbuh kembang anak, hingga saat dewasa nanti. Maka untuk para orang tua, lebih disarankan supaya menjauhkan anak dari gadget. Karena terlalu sering bermain dengan gadget, membuat anak lupa waktu dan lupa dengan mainan yang ada di dunia nyatanya. Sering juga terdapat anak yang mengalami obesitas, hal tersebut disebabkan keseimbangan pada tubuh mereka yang tak terstimulasi dengan baik, dan pastinya jarang bergerak.


Maka dari itu, berikut akan disebutkan beberapa mainan yang dapat melatih kesetimbangan tubuh sang anak. Mainan ini dapat pula sebagai latihan fisik ringan untuk anak, supaya tubuhnya pun menjadi lebih sehat dan tumbuh dengan baik. Yang pertama, mainan dengan sepeda kecil atau scooter. Dengan sepeda mini ataupun scooter ini, maka anak akan belajar berbagai hal. Seperti melatih keberanian mental, kecekatan, maupun keseimbangan pada tubuh fisiknya. Dengan bimbingan orang tua saat berlatih, pastinya anak pun akan berupaya untuk berhati-hati dan tidak jatuh ketika mengendarai.

Mainan yang kedua adalah, balok keseimbangan. Mengapa permainan ini? Karena dengan balok yang dipotong menjadi ukuran kecil, dan dimasukkan ke dalam lubang yang sesuai tersebut, akan membuat anak berpikir sambil melatih keseimbangan tangan yang dapat disesuaikan dengan sendirinya. Pada permainan ini, akan diajarkan edukasi mengenai konsep berat dan ringan pada bentuk masing-masing balok. Disarankan untuk anak yang sudah diatas 3 tahun, supaya lebih aktif saat bermain. Anda dapat mencari mainan tersebut di toko offline, maupun situs online yang menyediakannya, seperti situs qq.

Yang terakhir yakni, mainan sederhana seperti hopscotch. Dengan mainan pada permainan ini, anak akan diajarkan berdiri dengan kaki yang seimbang dan kuat. Para orang tua pun dapat dengan mudahnya membuat permainan ini dengan sederhana, misalkan saja dengan memanfaatkan kardus bekas maupun kertas karton yang sudah dilapisi kertas berwarna. Bentuklah berbagai lingkaran, dengan ukuran yang cukup menampung 2 telapak kaki anak dari kardus tersebut. Urutkan secara zig-zag, lalu beri tanda garis start dan finish nya. Sekian dan terima kasih.