Misteri gunung lawu banyak orang yang mempercayainya sebagai sebuah kisah nyata. Kisah misterius tersebut memang sangat aneh. Gunung lawu memang sudah terkenal memiliki keangkeran yang cukup tinggi. Oleh karenanya tidak heran jika gunung lawu memiliki dan juga diyakini sebagai salah satu gunung yang cukup angker. Banyak kisah menyebutkan bahwa gunung tersebut memiliki mitos yang cukup kuat di kalangan masyarakat awam. Tidak heran jika gunung ini dianggap sebagai gunung yang cukup misterius. Betapa misteriusnya gunung ini terletak pada beberapa lokasi yang memang dianggap angker oleh warga sekitar. Anehnya masyarakat mempercayainya bahwa gunung tersebut benar-benar angker dan wajib untuk dihindari.


Satu diantaranya karena gunung lawu dianggap sebagai salah satu peninggalan kerajaan majapahit yang masih tersisa hingga kini. Situs gunung lawu tersebut memang kental dan erat sekali hubungannya dengan sejarah kerajaan majapahit. Kisahnya gunung lawu menjadi salah satu persinggahan terakhir dari brawijaya sebelum akhirnya meninggal dunia. Masyarakat percaya bahwa sebagai tempat peristirahatan terakhir prabu brawijaya tentunya gunung ini memiliki ratusan kisah mistis di baliknya. Gunung lawu digunakan oleh prabu brawijaya untuk menyepi dan menyendiri karena jatuhnya kerajaannya tersebut. Anak-anak yang dikasihinya rupanya berhasil melancarkan aksi pembelotan dan meninggalkan sang ayah. Sehingga kerajaan majapahit dilanda kehancuran.

Kisah misteri yang terjadi di gunung lawu ini dianggap masih berhubungan dengan ritual mistis yang dilakukan oleh prabu brawijaya sebagai raja terakhir kerajaan majapahit yang dilakukannya ketika menyendiri sebelum akhirnya meninggal dunia di gunung tersebut. Ketika di saat terakhirnya prabu brawijaya mengucapkan kata perpisahan yang menyatakan bahwa dirinya akan meninggalkan dunia ini. Namun hingga kini sama sekali tidak ditemukan keberadaan jasad dan peninggalan beliau di gunung lawu ketika sampai di puncak gunung lawu. Sesaat sepeninggal prabu brawijaya  anak buah kesayangannya sama sekali tidak ada yang mengetahui keberadaan jasad raja terakhir tersebut sebagai bukti beliau sudah meninggal. Sehingga orang-orang menganggap bahwa hilangnya jasad prabu brawijaya ini berkaitan dengan kisah misterius yang terjadi di kawasan gunung lawu yang hingga kini masih dipercaya oleh banyak orang.