Menggunakan obat tipes alami yang ampuh dapat dijadikan sebagai solusi untuk menyembuhkan salah satu anggota keluarga yang mengalami sakit tipes. Obat tipes alami lebih banyak dipercaya orang-orang untuk megobati tipes daripada obat kimia, karena biasanya obat alami tidak memiliki efek samping dan dapat diracik menggunakan buah-buahan maupun tumbuh-tumbuhan secara langsung. Ada banyak obat alami yang bisa dirancang untuk penyakit tipes, dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih banyak dipercaya sebagai salah satu bahan yang mampu untuk menyehatkan badan. Tidak hanya tipes, sakit tenggorokan pun dapat berkurang dengan mengonsumsi bawang putih. Untuk penyakit tipes, pengolahan bawang putih ini cukup mudah yaitu dengan mengonsumsi bawang putih secara langsung pada saat setelah makan. Akan lebih optimal lagi jika pengobatan tipes dengan bawang putih diimbangi dengan meminum air putih yang banyak, agar membantu penyerapan zat dalam bawang putih yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit tipes.

Selain bawang putih, buah sawo matang juga bisa dikonsumsi secara rutin untuk membantu penyembuhan penyakit tipes. Cara kerja obat-obat alami ini bukanlah membunuh bakteri Salmonella Thypi secara langsung, melainkan dengan membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh sehingga tubuh lebih kuat untuk melawan berbagai bakteri, termasuk bakteri tipes. Sehingga, selain bawang putih dan sawo, masih banyak bahan-bahan lain yang bisa digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit tipes, terutama bahan makanan berupa buah-buahan yang mengandung vitamin C serta sayuran yang memiliki gizi lengkap.


Jika menginginkan pengobatan tipes secara alami dapat bekerja dengan maksimal, maka harus diimbangi dengan memperhatikan pola makan yang sehat dan bersih. Selain itu, penderita penyakit tipes juga tidak disarankan untuk bekerja terlalu banyak, karena akan semakin memperlambat kinerja tubuh dalam melawan bakteri tipes. Sangat disarankan untuk penderita penyakit tipes melakukan bedrest selama beberapa hari, agar penyembuhan penyakit tipes yang dilakukan tubuh dapat dilakukan secara efektif dan efisien.