Kue pukis termasuk salah satu diantara jajanan tradisional yang cukup gampang didapati. Kue yang konon katanya datang dari Banyumas ini mempunyai rasa yang enak serta aroma yang ciri khas saat dibuat. Teksturnya memang agak berat, sehingga cepat mengenyangkan. Menelannya 1-2 potong saja sudah cukup kenyang serta bisa menjadi pengganjal perut di waktu lapar. Kue tradisional ini mengalami banyak perubahan untuk masalah rasa. Apabila resep aslinya cukup memakai ragi kue serta santan saja, saat ini orang banyak mengkreasikannya dengan pandan, coklat, pisang, keju, bahkan juga strobery. Demikian halnya topping pemanisnya. Ada topping keju, coklat, coklat kacang, kismis, nangka, dan sebagainya.

Bahan-bahannya,  180 gr tepung terigu, 2 butir telur ayam utuh, 1 kuning telur, 200 ml santan, 60 ml air hangat, 1/2 sdm ragi kue/fermipan, 1/4 sdt garam, 120 gr gula pasir, 100 gr keju cheddar dan 100 gr meises coklat. Untuk resep membuat kue pukis praktis dan sederhana adalah potong-potong (bisa juga diparut kasar) keju cheddar untuk bahan topping. Sisihkan. Campur ragi kue/fermipan dengan air hangat. Aduk hingga larut serta sisihkan. Masak santan sembari diaduk selalu sampai mendidih. Pastikan santan tidak pecah. Sesudah mendidih, matikan api serta biarlah hangat. Kocok telur, gula pasir, serta garam dengan memakai mikser berkecepatan sedang sampai mengembang serta gula larut. Sembari selalu dikocok, masukan tepung terigu perlahan hingga tercampur rata. Masukan air dengan campuran ragi kedalam adonan, ratakan. Masukan santan hangat, aduk sekali lagi hingga semuanya tercampur rata serta tidak ada gumpalan. Sesudah semuanya adonan tercampur rata, diamkan selama 15-25 menit.


Buat persiapan loyang atau cetakan kue pukis diatas kompor dengan api kecil. Jangan sangat besar apinya untuk menghindari kue gosong atau matang tidak rata. Apabila adonan sudah siap, oleskan cetakan kue pukis dengan margarin. Tuangkan adonan sampai hampir penuh. Tutup sebentar. Buka tutup loyang kue pukis, berikan taburan keju atau meises (atau topping yang lain) di atasnya. Tutup kembali hingga kue matang sempurna. Bila kue sudah matang, angkat dari cetakan, serta hidangkan.